Cara Membuat Histogram di Excel

Cara Membuat Histogram di Excel

nesteruk.org – Mengolah data ialah hal yang cukup rumit, tapi kini adanya Microsoft Excel membuat semuanya semakin mudah. Excel memang terkenal sebagai program pengolah angka, tapi ternyata ia juga dapat bermanfaat dalam mengolah data dan salah satunya untuk membuat histogram di excel.

Histogram dibuat agar siapapun lebih mudah ketika meringkas data yang dibutuhkan. Kini menganalisa suatu masalah dalam data tak lagi merepotkan karena tampilan dari program ini merupakan grafik batang. Pola tertentu dibangun dalam pembuatannya, sehingga siapapun dapat menarik kesimpulan begitu mudah.

Langkah Pembuatan Histogram Menggunakan Excel 

Banyak pertanyaan muncul tentang bagaimana cara membuatnya? Nah, memang sebenarnya cukup rumit jika tidak dipahami secara baik-baik. Namun, jika sudah paham betul akan caranya, maka Anda tak perlu kesulitan ketika akan melakukannya lagi suatu saat nanti. Berikut ada langkah-langkahnya:

  1. Buka program Microsoft Excel di laptop atau komputer.
  2. Persiapkan data yang akan dimasukkan.
  3. Blok semua data yang akan dijadikan sebagai diagram.
  4. Selanjutnya pilih menu Insert pada komputer.
  5. Pilih lagi ikon bertuliskan insert statistic chart lalu klik Histogram.
  6. Setelah diagram balok tampil, biasanya nanti Excel akan melakukan penentuan range dan juga interval secara otomatis. Tapi jika ingin mengubah range dari batas atas atau batas bawah, maka caranya cukup mudah. Cukup klik kanan untuk area nilai Axes, selanjutnya bisa memilih opsi format Axis.

Perlu diketahui bahwa ada istilah penting bernama Bins, di mana ia adalah range atau interval dalam program diagram tersebut. Pengguna bisa memakai range sendiri dan cara mengubah nilai melalui Bin Width lalu mengisinya dengan nilai yang Anda mau.

Pada sumbu diagram, pengguna juga dapat melakukan penambahan elemen tertentu dengan cara klik Histogram, lalu klik lagi ikon tambah, dan mulailah memilih elemen mana akan ditambahkan. Ada beberapa catatan tentang pengertian elemen program ini, berikut pengertiannya:

  • Chart Title, dari namanya mungkin Anda sudah paham bahwa elemen satu ini dipakai dalam pemberian judul pada diagram balok.
  • Axis Titles, berbeda dengan chart title, elemen ini dipakai dalam pemberian judul dalam setiap axes baik itu di sumbu X (horizontal) maupun sumbu Y (vertikal).
  • Legend, dasarnya legend dipakai ketika ingin melakukan penambahan keterangan terkait dengan data pada diagram.
  • Data Labels, menampilkan jumlah frekuensi nilai interval dapat dilakukan oleh elemen satu ini.
  • Gridlines, pemakaiannya bertujuan dalam menampilkan garis diagram.

Nah, sebagai tambahan apabila mau melakukan pemulasan desain supaya lebih menarik, tinggal pilih saja menu Design, lantas pilih Change Colors ketika Anda ingin mengubah warnanya, lalu ada Chart Style untuk pemilihan gaya dari diagram yang Anda buat.

Baca Juga : Cara Tepat Mendapatkan Anak Kembar Tanpa Ada Keturunan

Sekian pembahasan mengenai cara untuk pembuatan histogram yang dapat dilakukan. Semoga dengan memahami langkah-langkah dapat membuat Anda lebih mudah melakukannya.