Cara Membuat Infografis yang Menarik dan Cepat

Cara Membuat Infografis yang Menarik dan Cepat

nesteruk.org – Memahami cara membuat infografis yang menarik akan membuat konten yang Anda ciptakan terlihat sempurna. Misal konten yang dipakai di blog atau Instagram. Kalau ada infografisnya, user akan lebih nyaman saat membaca informasi dan berdampak pada naiknya pengikut atau follower dari platform yang sedang dibangun.

Kalau Anda ingin membuat desain infografis menarik, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan itu terdiri dari:

  1. Memilih Topik dan Riset

Sebelum membuat desain infografis yang menarik banyak pembaca, cari topik yang cocok dengan target. Misal pembaca adalah orang dengan usia 19-34 tahun. Topik yang sekiranya menarik pada rentang umur itu bisa diambil. Kalau Anda bingung, cari saja banyak topik untuk didaftar lalu dicek mana yang sekiranya sesuai.

Kalau sudah memilih topik yang sesuai, proses selanjutnya adalah melakukan riset terkait materi dan apa saja yang bisa ditulis. Meski materinya menarik, tidak semua hal perlu ditulis karena topik pada infografis harus ringkas dan padat.

  1. Mengumpulkan Data dan Memilah

Kumpulkan semua data secara akurat dan jangan lupa mengecek kebenaran faktanya. Jangan sal mencomot data kalau tidak bisa diverifikasi kebenarannya. Setelah semua data yang benar dikumpulkan, pilah mana saja yang bisa ditampilkan ke dalam infografis dan mana yang tidak.

  1. Buat Draf Awal Tulisan

Buat draf kasar tulisan yang akan ditampilkan. Karena infografis cukup terbatas tempatnya, buat kalimat-kalimat pendek. Hindari membuat narasi yang terlalu bertele-tele. Saat membuat draf awal, coba buat sebaik mungkin dan tulis apa yang sekiranya sesuai. Jangan pikirkan revisi dahulu.

  1. Membuat Draf Awal Gambar

Selanjutnya, buat draf kasar dari gambar atau desain covernya. Misal memilih gambar yang sesuai, memilih ikon yang cocok, sampai tetek bengek lainnya. Draf kasar ini cukup penting untuk menyesuaikan tulisan dengan gambar agar bisa sejalan.

  1. Membuat Draf Keseluruhan

Satukan apa yang sudah ada baik tulisan atau gambarnya. Anda bisa membuat lebih dari satu versi infografis kalau ada keraguan. Selanjutnya, bisa dicek mana yang cocok dengan platform yang sedang dipakai.

  1. Melakukan Revisi

Proses selanjutnya adalah melakukan revisi. Anda bisa menyimak contoh infografis dari beberapa media besar di Indonesia. Coba cek bagaimana mereka mengatur tulisan dan gambar dan hasilnya sangat menarik.

  1. Penyempurnaan dan Rilis

Sempurnakan apa saja yang kurang dengan mengeceknya beberapa kali. Bila perlu coba minta rekan untuk mengeceknya juga. Dari berbagai jenis masukan yang ada, Anda bisa menyempurnakan desain dan merilisnya.

Baca Juga : Cara Membuat Slide Power Point yang Menarik dan Mudah

Mengetahui cara membuat infografis di atas akan membuat Anda jadi lebih mudah dalam membuat konten yang berkualitas. Mengapa? Karena konten jenis ini paling banyak dicari masyarakat. Pertama, karena desainnya menarik dan cocok untuk semua kalangan. Kedua, informasi yang ada di dalamnya padat sehingga orang lain tidak perlu membaca terlalu banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *