Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah Terbukti Ampuh dan Efektif

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah Terbukti Ampuh dan Efektif

nesteruk.org – Salah satu tanda bahwa gigi tidak sehat yaitu kondisi gigi berlubang. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa ngilu dan nyeri. Untuk mencegah tingkat keparahannya, maka Anda harus melakukan tindakan yang tepat. pada umumnya kondisi ini muncul di awali dengan plak gigi, dimana kondisi tersebut muncul karena terjadinya penumpukan bakteri atau kuman yang mengubah makanan menjadi zat asam. 

Cara Mengatasi Gigi Berlubang Parah Terbukti Ampuh dan Efektif

Kemudian zat asam tersebut lama kelamaan akan merusak enamel yang melindungi gigi, sehingga menyebabkan gigi rapuh dan berlubang. Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus maka dapat memperparah kondisinya karena plak tersebut akan semakin menumpuk dan menyebabkan karang gigi sehingga mengganggu struktur serta kesehatan gigi. Lalu bagaimana cara mengatasi gigi berlubang parah yang tepat?

Cara Efektif untuk Mengatasi Masalah Gigi Rusak dan Berlubang

Meskipun pada awalnya tidak menimbulkan rasa nyeri dan ngilu. Namun jika kondisinya sudah semakin parah maka dapat mempengaruhi saraf dan menyebabkan gigi patah. Kemudian rasa sakit tersebut akan dirasakan ketika akar gigi masih tertinggal. Pada umumnya rasa nyeri akan terasa jika Anda mengkonsumsi minuman dingin, panas, asam atau saat menggosok gigi. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba!

  • Menambal gigi

Saat Anda memeriksakan gigi pada tahap pembusukan di periode awal. Biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk menambal gigi agar kondisinya tidak semakin parah. Tindakan ini akan membuang sebagian gigi yang telah rusak. Kemudian dokter akan mengebornya dan menambal menggunakan zat emas, resin komposit atau por dan perak. 

  • Merawat crown gigi

Untuk mengatasi masalah kerusakan gigi rusak dan berlubang yang sudah parah, biasanya dokter akan membuatkan crown gigi. Tujuannya untuk menggantikan mahkota (crown) alami gigi. Biasanya crown terbuat dari emas, porselin logam lebur, resin dan bahan-bahan lainnya.

  • Melakukan perawatan akar gigi

Perawatan akar gigi sangat dibutuhkan jika kondisi pembusukan sudah sangat parah atau kondisi saraf sudah mati. Perawatan ini dilakukan untuk merawat jaringan saraf pada pembuluh darah pada area gigi yang membusuk. Dokter gigi biasanya akan menambahkan crown atau melakukan penambalan. Namun jika kondisinya sudah parah, maka langkah terakhir dokter akan mencabut gigi tersebut.

  • Memberikan fluoride

Langkah terakhir yang bisa dilakukan, jika kondisi gigi rusak belum begitu parah maka Anda bisa memberikan fluoride. Cara alternatif ini berfungsi untuk memulihkan kondisi enamel gigi yang rusak. Saat ini sudah banyak pasta gigi dengan kandungan fluoride sehingga Anda bisa melakukan penanganan dengan mudah.

Selain melakukan 4 cara mengatasi gigi berlubang parah di atas. Maka Anda harus melakukan pencegahan di awal yaitu dengan menjaga kebersihan gigi dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Selain itu, Anda pun dianjurkan untuk memeriksakan gigi secara rutin.