Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Cepat

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Cepat

nesteruk.org – GERD (gastroesophageal reflux disease) atau dikenal penyakit asam lambung. Dimana penyakit ini umumnya terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak paling tidak 2 kali dalam seminggu. Gejalanya ditandai dengan timbulnya rasa terbakar dalam dada karena cairan dalam lambung naik ke kerongkongan.

Walaupun begitu, sebenarnya terdapat cara untuk bisa mengobati penyakit tersebut dengan cepat menggunakan bahan alami. Namun, anda harus mengetahui terlebih dahulu tanaman apa saja yang dapat digunakan meredakan GERD. Oleh karena itu, anda perlu mempelajari secara rinci terkait dengan trik meredakan GERD menggunakan bahan alami

Cara Meredakan GERD Menggunakan Tanaman

1. Jahe 

Jahe merupakan obat herbal yang telah digunakan ratusan tahun silam. Dimana jahe berpotensi meredakan iritasi pada saluran pencernaan serta dapat mengurangi kontraksi otot lambung saluran cerna. Cara agar jahe dapat mengobati GERD adalah dengan dibuat menjadi minuman atau bisa juga diiris tipis untuk kemudian dicampur ke masakan anda.   

2. Akar manis 

Akar manis disebut juga licorice. Akar manis ini bekerja dengan melakukan peningkatan produksi lendir sel kerongkongan. Lendir tersebut nantinya berfungsi melindungi iritasi kerongkongan yang disebabkan oleh paparan kenaikan cairan dalam lambung. Cara memanfaatkan bahan ini adalah dengan cara mengunyahnya atau meminumnya 1 atau 2 jam sebelum makan. 

3. Akar marshmallow

Ternyata akar dari marshmallow ini dapat digunakan sebagai bahan alami pereda GERD. Untuk bisa menghilangkan gejala asam lambung, maka konsumsilah sebanyak 3 hari sekali. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika mengkonsumsinya, anda akan merasakan ketidaknyamanan dalam perut yang juga disertai pusing. Jadi, mulailah mengkonsumsi dalam dosis rendah.  

Cara Mencegah GERD

1. Lakukan pola hidup sehat

Salah satu cara untuk menghindari GERD adalah berusaha menghindari rokok dan melakukan aktivitas dalam upaya mengurangi stress. Sebab, jika stress, orang akan mudah sekali terkena penyakit ini. oleh karena itu, sebaiknya lakukan hal menyenangkan untuk bisa kurangi stress. Salah satunya adalah melakukan olahraga. Lakukanlah olahraga secara rutin paling tidak 150 menit setiap minggu. 

Apabila seringkali melakukan olahraga, maka badan menjadi sehat. Dimana berat badan ideal dapat dipertahankan sebagai upaya mencegah gastroesophageal reflux disease. Sebab jika, hal tersebut tidak dilakukan, maka kelebihan berat badan pada area perut dapat membuat esofagus mengalami tekanan dan akhirnya berpengaruh pada naiknya cairan lambung. 

2. Ubah pola makan

Hindarilah atau setidaknya mengurangi makanan pemicu penyakit tersebut, seperti makanan asam, pedas, dan berlemak. Sebagai penggantinya, maka perbanyaklah makanan sehat semacam buah tidak berasa asam atau sayur yang tidak mengandung terlalu banyak gas. 

Baca Juga : Harga Kompor Gas Terbaru 2 Tungku 2021

Begitulah tanaman obat alami yang bisa dijadikan pilihan bagi anda untuk mengatasi penyakit asam lambung. Namun, perlu diperhatikan bahwa pemanfaatan bahan alami tidak selalu aman. Sebab, tiap orang memiliki respon tersendiri terhadap pengobatan yang dilangsungkan. Oleh sebab itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.