Dua Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek Atau Belum yang Bisa Anda Lakukan

Dua Cara Mengetahui Selaput Dara Sudah Robek Atau Belum yang Bisa Anda Lakukan

nesteruk.org – Selaput dara merupakan membran tipis yang dimiliki perempuan dan menutupi sebagian dari lubang vagina. Bentuk dan strukturnya berbeda pada setiap perempuan, bahkan ada perempaun yang tidak memilikinya. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan robeknya bagian ini seperti faktor eksternal aktivitas yang Anda lakukan. 

Kehilangan himen (sebutan lainnya) tidak hanya disebabkan oleh Anda telah melakukan sex atau berhubungan intim saja banyak hal lain yang dapat menjadi penyebabnya. Artikel ini akan membahas mengenai cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum dengan mengikuti beberapa cara di bawah ini. 

Melakukan Pemeriksaan Sendiri 

1. Cuci tangan Anda dengan bersih menggunakan sabun. Sebelum melakukan cara ini Anda harus memastikan bahwa tangan yang akan digunakan dalam keadaan bersih. Gunakan sabun agar bakteri dan kuman penyakit mati dan tidak lagi ada di tangan. Cuci kedua tangan Anda. 

 

2. Siapkan cermin berukuran kecil. gunakan cermin untuk melihatnya jadi Anda tidak perlu meminta bantuan orang lain. Pegang cermin di satu tangan sementara tangan lain akan digunakan untuk yang lainnya. 

 

3. Posisikan tubuh duduk dan buka kaki Anda. buka kaki dengan posisi nyaman agar Anda bisa melihat hasil pemeriksaan sendiri dari cermin. 

 

4. Bisa gunakan pelumas. Untuk memudahkannya, Anda oleskan pelumas ke jari tangan. Ini bertujuan agar Anda merasa nyaman saat memasukan tangan ke dalam. 

 

5. Tempatkan cermin tepat di depan vagina dengan sedikit mengarah ke atas agar Anda bisa melihatnya. 

 

6. Buka labia bagian luar dari vagina dengan jari telunjuk atau jari tengah. Buka sampai Anda melihat selaput tipis yang menutup bagian vagina. Perhatikan mata ke arah cermin. Anda harus sedikit membungkuk agar bisa melihat. 

 

7. Perhatikan bagaimana strukturnya. Jika terjadi kerobekan namun Anda belum berhubungan badan bersama orang lain, maka Anda tidak perlu khawatir. Karena setiap perempuan memiliki bentuk yang berbeda. dan terdapat faktor lain yang menjadi penyebab kerobekan ini. 

 

8. Basuh vagina dengan air. Setelah selesai, Anda harus membasuh vagina menggunakan air dengan bersih. Agar vagina tetap terjaga kebersihannya dan tidak menimbulkan gangguan lain. Tangan yang telah Anda gunakan cuci kembali bersih dengan sabun. 

 

Pemeriksaan Kepada Dokter

Anda bisa melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kelamin  untuk lebih akurat hasilnya. Datangi dokter terdekat di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Dokter akan memberikan intruksi untuk memulai pemeriksaan. Biasanya prosedur yang akan dokter lakukan adalah sebagai berikut :

 

  1. Dokter akan meminta anda untuk berbaring di ranjang. 
  2. Melakukan separasi labia  untuk mengeceknya. Cara ini dilakukan dengan membuka labia mayor ke arah luar dan bagian posteriornya secara perlahan dengan jari tangan. 
  3. Jika menggunakan cara ini masih sulit teridentifikasi biasanya akan gunakan cotton swab atau pemeriksaan lebih invasif dengan insersi kateter foley. 

Baca Juga : Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Cepat

Itu cara mengetahui selaput dara sudah robek atau belum dapat dilakukan dengan pemeriksaan mandiri atau pemeriksaan ahli di bidang kesehatan seperti dokter.